Kuliah

Struktur Kontrol

java

Trima kasih sudah bekunjung di Blog saya yg sederhana, hehe. Kali ini mau share ilmu yang sering ada di pelajaran pemrograman, yaitu Struktur Control Pemilihan (If, If else, If else if, dan Switch) hanya saja disini diwadahi dengan bahasa Java. Struktur Kontrol ini sangat vital walau di bahasa pemrograman apapun. Buat siapapun yang baru belajar pemrograman, pasti nemuin ini, kecuali ada metode baru di bahasa yang baru juga. Gapake lama langsung saja.

  1. If

if

Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan dieksekusi jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar(true).

Bentuk dari pernyataan if,

if-2

dimana, boolean_expression adalah sebuah penyataan logika (true/false) atau variabel
bertipe boolean.

if-3

Berikut ini adalah potongan kode dari pernyataan if:

if-4

  1. If Else

if-else-tekonologi

Pernyataan if-else digunakan apabila kita ingin mengeksekusi beberapa pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi false.

Bentuk statement if-else,if-else-2

Berikut ini contoh code statement if-else,if-else-3if-else-4

 

  1. If, Else if

if-else

Pernyataan pada bagian kondisi else dari blok if-else dapat menjadi struktur if-else
yang lain.

Kondisi struktur seperti ini mengijinkan kita untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks.
Bentuk statement if-else if,
if-else-if
Sebagai catatan : anda dapat memiliki banyak blok else-if sesudah pernyataan if. Blok else bersifat opsional dan dapat dihilangkan. Pada contoh yang ditampilkan di atas, jika
boolean_expression1 bernilai true, maka program akan mengeksekusi statement1 dan melewati pernyataan yang lain. Jika boolean_expression2 bernilai true, maka program akan mengeksekusi statement2 dan melewati statement3.

if-else-if-2

Berikut ini contoh code statement if-else-ifif-else-if-3

 

  1. Switch

switch-case

Cara lain untuk membuat cabang adalah dengan menggunakan kata kunci switch. Switch mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.

Bentuk statement switch,

if-else-if-4

 

switch_expression adalah ekspresi integer atau karakter dan case_selector1, case_selector2 dan seterusnya adalah konstanta unik dari nilai integer atau karakter. Ketika pernyataan switch ditemukan pada potongan kode program, java pertamakali akan memeriksa switch_expression, dan menuju ke case yang akan menyamakan nilai yang dimiliki oleh switch_expression. Selanjutnya program akan mengeksekusi  pernyataan pada dari kode setelah case yang ditemukan sampai menemui pernyataan break, selanjutnya akan mengabaikan pernyataan yang lainnya hingga akhir dari struktur dari pernyataan switch. Jika tidak ditemui case yang cocok, maka program akan mengeksekusi blok default. Sebagai catatan, bahwa bagian blok default adalah opsional. Sebuah pernyataan switch bisa jadi tidak memiliki blok kode default.

CATATAN:

  • Tidak seperti padapernyataan if, beberapa pernyataan pada struktur pernyataan switch akan dieksekusi tanpa memerlukan tanda kurung kurawal ({}).
  • Ketika sebuah case pada pernyataan switch menemui kecocokan, semua pernyataan pada case tersebut akan dieksekusi. Tidak hanya demikian, pernyataan lain yang berada pada case yang sesuai juga akan dieksekusi.
  • Untuk menghindari program mengeksekusi pernyataan pada case berikutnya, kita menggunakan pernyataan break sebagai pernyataan akhir pada setiap blok case.

switch-case-2

  • Contoh program switch

switch-case-3Sumber : Manual Book JENI (Java Education Network Indonesia)

Leave a comment